My First Solo Traveling

by 21.38 0 komentar
Ketika aku pasang PM di BBM kaya judul di atas tuh, eum dikiranya malah aku jalan-jalan ke Solo. Pas dijelasin kalo maksudnya solo traveling tuh jalan-jalan sendiri eh mereka malah ngebully. Katanya kasian lah, dasar jomblo lah. Preketek banget kan -_-
Padahal emang udah lama sebenernya pengen nyobain solo traveling. Penasaran aja gitu. Gimana sih rasanya jalan-jalan sendirian kesana-kemari macem anak ilang. Dan kemarin adalah solo traveling pertama aku. Ya masih sekitar daerah Semarang sih, belum berani langsung jauh gitu. Utamanya mah gara-gara inget waktu libur dan budget yang terbatas hehe.
Minggu pagi sekitar jam 07.30 aku berangkat dari kosan naik motor dan mantap menuju tujuan pertama yang mau didatengin. Langsung aja aku tancap gas ke daerah jalan Bawen-Solo lalu melipir ke kanan jalan setelah 30 menit perjalanan. Yes aku pun sampai di Kampoeng Kopi Banaran yang ternyata lagi rame dipake buat wisata keluarga. Hari minggu namanya juga jadi ya wajar aja. Setelah nunggu beberapa saat akhirnya pesenan aku dateng. Satu cangkir Banaran Cappuccino hangat disusul dengan satu porsi Nasi Rawon. Kebetulan udah lama gak makan Rawon, pas tau disini ada Rawon langsung pesen aja. Dan rawonnya enak banget. Dagingnya empuk, bumbunya kerasa plus ada telor asinnya juga. Recommended deh! Kalo kopinya mah gak usah dibahas ya, udah pasti enak kok tapi setelah ditambah 2 sachet gula karena emang dasarnya aku seneng manis hehe. Terus dikasih biji kopi juga sama oreo *1 biji doang tapi wkwk*. Sayangnya lupa bawa pulang itu biji kopi haha lumayan wangi soalnya.

Setelah 2 jam di Kampoeng Kopi Banaran, aku sempet mikir mau lanjutin jalan kemana. Mau ke Solo apa Jogja ya. Gak terlalu bikin rencana mateng sih. Terus akhirnya niatin mau ke Jogja aja biar sekalian ntar nginep di temen. Padahal gak bawa baju gak bawa cuci muka. Di tas cuma ada dompet, mukena, tissue sama hape doang. Yaudah jalan aja dulu deh yang penting, gitu pikirnya aku.
Ceritanya udah nih jalan aja dengan posisi gak tau jalan buat ke Jogja. Pas pertigaan malah belok ke Rawa Pening yang jalan alternatif itu tapi inget kata temen kalo buat ke Jogja lurus aja. Akhirnya muter balik deh kembali ke jalan yang benar. Terus udah ngelewatin Ambarawa, Secang, dan sampe di Magelang eh tiba-tiba di kiri jalan liat plang Ketep Pass. Langsung kepikiran apa ke Ketep aja gitu ya. Akhirnya iya deh beneran belok kiri menuju Ketep haha. Padahal gak ada niatan mau kesini, cuma inget doang 'Oh iya kan belum pernah ke Ketep Pass', gitu. Emang prinsipnya tuh kalo di bahasa sunda mah 'sakasampeurna', sekelewatnya aja.
Jam 12.00 nyampe di Ketep Pass setelah sebelumnya ngelewatin jalan yang lagi banyak dibenerin plus bergelombang. Di Ketep Pass juga rame, banyak bis malah. Pas beli tiket si mbak yang jaga keukeuh bilang tiket buat 2 orang gitu, padahal udah dibilangin buat 1 orang aja. Doi kayanya gak percaya kalo aku sendirian wkwk. Setelah dapet tiket langsung parkirin motor dan ngerogoh tas. Apalagi coba kalo bukan buat ambil hape. Langsung foto-foto sana-sini. Walaupun rame tapi spotnya tetep bagus kok. Gunung Merapi pun keliatan banget dari sini. Puncaknya itu lho, gagah banget.

Gak lupa aku juga nonton film tentang Merapi di Ketep Volcano Theatre. Film yang berdurasi 22 menit ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat di sekitar Merapi, erupsi Merapi di tahun 2010, juga kondisi masyarakat yang harus kehilangan harta benda bahkan sanak saudara. Merinding lah pas nontonnya. Ngebayangin kalo ada di posisi para warga yang terkena bencana seperti itu. Tabah dan kuat sekali mereka.
Sebelum ngelanjutin jalan-jalan di area Ketep Pass aku pergi ke Mushola dulu buat sholat dzuhur. Ternyata air di Musholanya terbatas banget jadi harus sabar ngantri. Sholat pun selesai dan lanjutin jalan-jalan. Setelah puas jalan-jalan kesana-kemari di Ketep Pass aku pun mutusin buat lanjut pulang sambil masih bingung. Iya bingung. Bingung balik Semarang atau lanjut ke Jogja. Ngeliat jam di tangan udah nunjukin angka 14.30 jadinya mikir-mikir lagi deh.
Setelah mikir panjang sambil jalan aku putusin buat belok kanan pas nyampe di pertigaan Mungkid. Yap pada akhirnya aku putusin buat pulang Semarang dengan pertimbangan gak bawa barang-barang buat persiapan nginep di Jogja dan keinget beberapa tugas yang masih terbengkalai. Ke Jogjanya next time aja ya. Perjalanan pun berlanjut. Gak jauh dari pertigaan aku berenti dulu di minimarket, mau beli minum, haus ternyata dari jam 10.00 nyampe jam 15.00 gak minum-minum. Minumnya udah eh laper pun datang menghampiri. Karena lagi di Magelang jadinya keinget Kupat Tahu khas Magelang. Meluncur lah aku ke daerah Alun-Alun Magelang sambil nanti sekalian sholat ashar di Mesjid Agungnya.
Jalanannya lumayan macet, maklum besok senin jadi mau pada balik ke perantauan masing-masing sepertinya. Sekitar jam 15.45 sampai di Mesjid Agung setelah tadinya muter-muterin jalanan dulu gara-gara ngeliat plang Taman Kyai Langgeng hehe. Abis penasaran sih lokasinya dimana itu taman. Selesai sholat ashar langsung cus ke Kupat Tahu Pak Slamet, hasil rekomendasi dari temen yang asli Magelang. Lokasinya juga deket kok masih sekitaran alun-alun, jadi tinggal jalan aja gak usah pake motor. Yang beli banyak jadinya ngantri deh. Kupat tahunya enak, tapi kupatnya dikit tahunya kebanyakan. Gak seimbang gitu wkwk.
Dan setelah kenyang makan kupat tahu, jam 16.30 aku pun lanjutin jalan lagi buat pulang ke Semarang dengan kondisi hati yang gembira haha. Iya dong gembira, kan udah jalan-jalan seharian kesana-kemari walau kaya anak ilang biarin yang penting happy. Alhamdulillah perjalanan lancar tanpa hambatan apapun. Sampai di kosan dengan selamat sekitar jam 18.20.
Seneng banget rasanya bisa nyobain jalan sendirian gitu. This is the real Me-Time! Aku bener-bener sendiri. Pergi ke tempat yang lumayan jauh dan tanpa ada seorang pun yang aku kenal. Menikmati banget deh waktu liburannya. Aku bebas mau kemana mau ngapain mau nyampe jam berapa. Walau banyak yang ngeliatin karena selfie-selfie sendirian haha. Tantangannya kerasa banget. Ngeberani-beraniin diri buat jalan jauh sendiri naik motor kaya gitu. Butuh waktu memang buat yakinin diri kalo aku bisa. Dan aku pun berhasil ngebuktiin ke diri sendiri kalo aku memang bisa.

Sebuah perjalanan itu menurut aku bukan tentang menaklukan suatu tempat, tapi tentang menaklukan diri sendiri. Menaklukan ketakutan sendiri. Bisa apa enggak. Mau apa enggak. Berani apa enggak. Yakin deh setiap orang pasti bisa ngelakuin solo traveling. Gak ada salahnya buat coba apalagi kalo memang ada budget dan waktunya. Dan buat yang masih mikir solo traveling itu 'menyedihkan karena sendirian', satu pertanyaan aja buat kamu: berani nyoba gak?

Nia Faridawati Rustandi

Developer. Author.

Hi, I'm Nia. Muslim. Sundanese Girl. 20 y.o. Love to be traveler. Fan of indie music. Student of Semarang State University.